Dunia Hacking  

Posted by: Anisa Setya Arifina in ,


Pernahkan kalian melihat atau mengalami sendiri kalau situs kalian di dunia maya telah diubah tanpa sepengetahuan kalian?Atau pernahkah kalian tertipu secara finasial atau tertipu oleh email-email palsu berisi rayuan gombal di kotak inbox Anda? Pastinya kita akan merasa kesal dan jengkel, tetapi kita tidak bisa berbuat apa-apa, karena kita juga tidak tahu bagaimana cara melacaknya.

Hacking adalah merupakan aktivitas penyusupan ke dalam sebuah sistem komputer ataupun jaringan dengan tujuan untuk menyalahgunakan ataupun merusak sistem yang ada. Itu merupakan definisi ilmiahnya. Untuk lebih mudah dipahami oleh orang lain yang kurang mengerti dan menguasai dunia komputer, hacking merupakan kegiatan dari sekelompok atau seorang individu yang biasanya dilakukan untuk tujuan yang kurang terpuji dengan alasan uang atau karena tertantang akalnya untuk bisa memecahkan kode-kode tertentu di dunia maya dengan “cara” unik dan berbeda. Cara yang digunakan bukan cara yang bisa orang awam temukan dengan mudahnya. Para hacker (orang yang melakukan kegiatan hacking) adalah orang yang penuh dengan dengan rasa ingin tahu sehingga sadar akan potensi-potensi tersembunyi yang ada di dalam teknologi komputer dan dunia maya di hadapannya dan mereka secara otodidak mengutak-atik sendiri potensi-potensi itu. Arti dari dunia maya mungkin berbeda-beda bagi setiap orang, ada beberapa orang yang memanfaatkan untuk browsing, mengirim email penting, mengerjakan tugas, chatting, video call, game, menonton video, menonton televisi dll. Itu semua adalah fungsi standar dari computer dan dunia maya yang semua orang tahu dan semua orang pun bisa menggunakannya. Hacker melihat ada fungsi lain dari fungsi standar tadi, mungkin itulah yang menjadikannya seorang jenius karena dia memiliki pola pikir yang berbeda dari orang kebanyakan.

Berikut adalah langkah-langkah mudah yang bisa dipelajari bagi pemula untuk mencegah diri sendiri supaya tidak tertipu hacker atau untuk menjadi hacker :
Hide Yourself : Sembunyikan data diri computer yang digunakan yang dimaksud adalah IP (Internet Protocol), karena dengan IP ini keberadaan dan data diri pengguna bisa dilacak. Dalam melakukannya susah susah gampang. Gampangnya karena banyak web penyedia layanan penyembunyi IP atau biasa disebut anonymous proxy, seperti www.youhide.com (tidak gratis!) dan www.proxyblind.org atau www.spacethru.com (gratis!) . Caranya adalah masukkan alamat website yang Anda tuju pada kolom pencarian penyembunyian IP dan klik Proxify, maka IP Anda tidak akan tampil tetapi malah akan menampilkan IP address dari Proxify.com. Beberapa tips supaya lebih aman pada tahap ini : Jangan langsung melakukan hack ke situs target, karena data diri Anda akan langsung tercatat di situs tersebut karena polisi bisa langsung melacaknya, Anda bisa mengkombinasikan beberapa situs anonymous proxy, tapi konsekuensinya adalah koneksi internet jadi lamban. Perlu dicatat banyak hacker yang gagal dalam tahap ini.

Looking For Self Title : Digunakan untuk menghindari penipuan-penipuan seperti email palsu. Untuk mengetahui IP pengirim email, Anda bisa melakukan langkah-lagkah sebagai berikut :
Akun Gmail : login, buka salah satu email yang Anda curigai, lihat kanan di bagian atas ada pilihan reply ada tanda panah ke bawah, klik tanda panah tersebut dan pilih Show Original, IP dan info detail pengirim akan terungkap.
Akun Yahoo Mail : login, buka email yang Anda curigai, pada pojok kanan bawah cari menu tulisan “Full Headers” dan klik tulisan tersebut, si pengirim akan terungkap.
Akun hotmail : login, buka email yang dicurigai, klik kanan email tersebut dan pilih View Source dan voila!
Outlook Express : login, klik kanan pada email yang Anda curigai, klik menu properties, klik tab detail.
Microsoft Outlook : login, klik email dan pilih options, IP address dan info detail pengirim email akan terungkap.
Ketika Anda telah membuka halaman yang berisi IP address si pengirim email, bila email itu palsu maka akan muncul identitas siapa pengirim email itu di atas IP address. Biasanya server pengirim email palsu yaitu seperti deadfake.com, fakesend.com, anonymousspeech.com. Jadi waspadalah! Atau Anda bisa menggunakan website gratisan yang mampu mencari pemilik IP secara detail mulai dari alamat sampai tanggal berdiri website yaitu www.whois.net

Cyber Ghost : pernah liat film horor dengan kejadian-kejadian seperti mouse bergerak sendiri, media player bisa memutar lagu sendiri, CD Room juga terbuka sendiri, program notepad juga terbuka sendiri dengan tulisan-tulisan aneh. Itu bukanlah ulah hantu, tetapi merupakan System Remote. Artinya computer Anda sedang dijalankan dari jarak jauh oleh hacker. Jika sudah begitu segera putuskan hubungan dengan jaringan internet! Cara yang termudah adalah dengan software yang disebut AWRC atau yang paling rumit dengan memasukkan file yang sering disebut Trojan horse atau Trojan ke komputer target. Cara memasukkannya pun secara tidak langsung yaitu disisipkan ke dalam aplikasi-aplikasi dari sumber yang tidak dapat dipercaya, jadi ketika pengguna mengunduh aplikasi tersebut, kode Trojan juga ikut terbawa. Kelemahan Trojan adalah tidak bisa mengontrol computer yang ada di balik proxy (pemalsuan), jadi hacker tidak akan mampu mengontrol computer kita, karena identitas computer kita tidak diketahui (palsu). Software pembuat Trojan yang paling popular adalah OptixPro bisa di download di www.evileyesoftware.com (belum dicoba??)

Sebenarnya masih banyak lagi teknik-teknik yang lebih tinggi,tetapi karena untuk pemula (saya juga masih pemula), jadi pelan-pelan saja belajarnya. Ingat, jangan digunakan untuk mengusili temanmu atau membuat musuhmu kalang kabut ya! Jadikan ini sebagai pengetahuan sehingga kamu bisa membuat atau memperingatkan dirimu maupun orang lain agar tidak tertipu lagi oleh hacker.

Sumber : 1 Jam Belajar Teknik Hacking For Newbie Oleh Arya Dipanegara
Cao,

This entry was posted on Sabtu, Januari 09, 2010 and is filed under , . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

8 komentar

hacker tu pekerjaan halal?
kalo pekerjaan halal aku juga mauuu...menantang sepertinya....

hacker itu keren sekali, mereka bisa dpt bnyak duit hanya dengan utek2 didpn monitor komp,.

wah b'ati bkn pekerjaan yg cocok bwt ak, lha ngomenin blog nya tmn2 aj bdn ud pegel2.gag betah lama2.

kalau aku lbih sering yg hide your self

wah ati-ati nih tmen kita ada calon hacker...jgn bajak web saya....!!(kaya web nya penting aja...)hehe...

wah napa kemarin aku ga foto kamu ya??
ternyata km punya bibit hacker ya nis?hehehe

wah, thanks infonya. sgt berguna.

memang, klo dari sesuatu yg kita sukai , apapun itu, klo kta mau mikir lbih luas , bs ddapetn manfaatnya...

Posting Komentar